Thursday, November 10, 2016


Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Pagi . . .
Ok kali ini saya akan share bagaimana cara install Nagios pada Debian-8.6.0
Tapi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Nagios ?

A. Pengertian
     Nagios adalah software untuk memonitor kompleks infrastruktur TI.
Nagios menyediakan paket modul terkait untuk pemantauan jaringan , host , dan khusus layanan , serta antarmuka web untuk query data yang dikumpulkan. Hal ini berlisensi di bawah GNU GPL , dan karena itu perangkat lunak bebas dan berjalan pada banyak Unix-seperti sistem operasi. Nagios dan logo nagios adalah merek dagang terdaftar dari Ethan Galstad.
Nama nagios secara resmi sebuah singkatan rekursif , yang untuk nama asli dari perangkat lunak (NetSaint) mengacu, dan secara harfiah berarti nagios Bukankah Akan Bersikeras Pada kesucian, tidak resmi itu tapi juga sebagai sinonim untuk nama mantan ditafsirkan (Network + Yunani ἅγιος h agios, suci ')
2007 Nagios Enterprises LLC didirikan oleh Ethan Galstad yang konsultasi korban dan dukungan teknis seputar topik nagios sebagai layanan komersial. Perangkat lunak inti itu sendiri masih di bawah lisensi gratis.

B. Latar Belakang
    Latar Belakang nya saya menginstall Nagios adalah Nagios sebuah software untuk memonitoring. Nah dari situ saya menginstall nagios untuk memonitoring kerja dari server yang saya bangun dan untuk mempermudah saya mengetahui perkembangan atau hal apa yang baru saja terjadi pada saat memonitoring atau kita bisa melihat traffik - traffik yang sudah berjalan.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan Tujuannya adalah agar mempermudah sis admin dalam pekerjaan nya untuk memantau sebuah kinerja dari server yang dia monitoring.

D. Alat dan Bahan
    Alat dan Bahan yang dibutuhkan adalah :
    1. Server
    2. Laptop client

E. Jangka Waktu Pengerjaan
    Jangka waktu Pengerjaan nya adalah kurang lebihnya 20 Menit.

F. Tahap Pelaksanaan
1. Pastikan server sudah teremote ke laptop
2. Setelah itu install Nagios beserta paket - paket nya dengan perintah "apt-get install nagios3 nagios-nrpe-plugin" 

3. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan pasword untuk nantinya login sebagai administrator.


- Konfirmasi Pasword yang barusan anda buat


- Tunggu Proses Installasi sampai selesai


4. Beriktunya ketikkan perintah

     "usermod -a -G nagios www-data"
     "chmod -R +x /var/lib/nagios3/" 


5. Berikutnya kita konfigurasi nagios nya dengan perintah "nano /etc/nagios3/nagios.cfg"
 

6. Ubah baris check_external yang default nya "check_external_commands=0 menjadi check_external_commands=1"
 
   setelah itu simpan dengan menekan tombol ctrl + x dan tekan y dan  enter
 
7. Selanjutnya kita anda restart nagios dengan perintah "/etc/init.d/nagios3 restart"


8. Masuk ke browser dan ketikkan perintah "[alamat ip/nagios3]". Maka anda diminta untuk memasukkan username dan password yang tadinya anda buat pada saat installasi nagios.


9. Apabila anda sudah memasukkan username dan pasword nya maka akan muncul tampilan awal dari nagios



G. Hasil dan Kesimpulan 
    Hasil nya saya bisa membedakan antara beberapa monitorix atau aplikasi pemantauan di debian yang sebelumnya saya menginstall Monitorix dan sekarang saya mencoba Nagios dan
    Kesimpulannya adalah saya bisa memantau traffik dari server saya dan lebih berhati - hati lah pada saat pemberian password nya jangan sampai lupa.

H. Referensi
-https://assets.nagios.com/downloads/nagioscore/docs/nagioscore/4/en/quickstart-ubuntu.html 
-https://de.wikipedia.org/wiki/Nagios 

Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr WB 

0 comments:

Post a Comment

Pengikut tah Oreng Madureh

SALAM SETTONG DHERE KWAN


Pertama Datang di BLC TELKOM - KPLI KLATEN

Tepat pada hari selasa jam 19 : 20. saya bersama teman-teman di madura sampai di blc telkom. kita di blc akan pkl selama 3 bulan. saya cukup bangga ada di blc karna saya bisa berkenalan sama anak-anak dari seluruh daerah di indonesia.....
Salam anak Rantau Tambelangan Sampang Madura

Salam Settong Dhere

Popular Posts